3 Jenis Susu Formula Bayi sesuai Tahap Pertumbuhan Bayi

Akibagai – Anda pasti tahu, ASI adalah gizi yang paling utama untuk bayi. Tak ada yang bisa menggantikannya. Termasuk susu formula bayi. Hanya saja, dalam beberapa kasus, ada orang tua yang tak bisa memberikan ASI pada bayinya. Nah, mau tak mau pemberian susu formula dilaksanakan.

Namun, sebelum Anda memberi susu formula bada si kecil, sebaiknya Anda tahu dulu apa saja jenis susu formula yang bisa diberikan sesuai dengan tahap tumbuh kembang bayi. Pemberian susu formula sesuai dengan pertumbuhannya berguna agar si bayi tercukupi gizi dan nutrisinya. Apa saja jenis dari susu formula tersebut?

Related image

  1. Susu Formula Awal (Startingup Formula)

Susu formula awal adalah susu formula yang diberikan pada bayi usia 0 sampai 6 bulan. Susu ini diberikan bila si ibu benar-benar tak bisa memberikan ASI sebagai asupan gizi dan nutrisi si bayi. Jika Anda masih bisa menyusui, tidak disarankan penggunaan susu formula awal ini untuk bayi Anda.

Sebab, pemberian susu formula terlalu dini pada bayi bisa menimbulkan banyak masalah bila si anak punya alergi apalagi lahir dengan prematur. Sebut saja masalah pencernaan seperti diare yang sering terjadi. Bisa juga masalah saluran napas pada beberapa anak yang memiliki alergi akut.

  1. Susu Lanjutan (Followup Formula)

Susu formula bayi jenis kedua adalah susu lanjutan. Susu ini biasanya diberikan untuk bayi yang berusia di atas 6 bulan. Pemberiannya tergantung kebutuhan si anak. Bisa sampai mereka berumur dua tahun dan dihentikan. Bisa juga hingga mereka berusia 5 atau 6 tahun. Meski begitu, sebenarnya susu formula lanjutan ini tidak wajib diberikan pada si kecil.

Terlebih bagi ibu yang masih bisa menyusui hingga usia 2 tahun. Hanya saja, bagi Anda yang ingin kebutuhan gizi anak Anda tercukupi selain dari makanan yang mereka makan, maka tak ada salahnya memberikan mereka susu formula lanjutan hingga usia 6 tahun. Namun, pemberian susu ini juga harus diperhatikan, bagi anak yang alergi tetap tidak dianjurkan.

  1. Susu Formula Khusus (Specific Formula)

Jenis susu formula terakhir yang bisa Anda berikan pada buah hati Anda adalah susu formula khusus. Tak sembarang bayi bisa diberikan susu formula ini. Hanya bagi bayi yang mengalami gangguan malabsorbsi, alergi, intoleransi ataupun penyakit metabolik yang boleh mengonsumsi susu jenis ini.

Susu formula khusus ini juga dibagi dalam beberapa jenis. Sebut saja susu hidrolisa protein ektensif. Susu formula khusus yang satu ini diklaim paling amakn karena tidak mengandung laktosa serta proteinnya lebih mudah dicerna. Ada juga susu hidrolisat protein parsial. Susu ini biasa diberikan pada bayi dengan risiko alergi tapi belum ada tanda-tandanya.

Bisa juga diberikan pada bayi dengan alergi ringan. Susu ini biasanya diberikan pada bayi sebagai pencegahan saja. Susu paling terkenal dalam jenis ini adalah susu soya yang berbahan dasar kacang kedelai. Susu ini diformulasikan khusus sebagai pengganti susu sapi. Ada juga susu kambing. Namun, yang satu ini tidak begitu populer dan banyak digunakan.

Pemberian susu formula bayi haruslah sesuai dengan usianya. Ini bertujuan agar nutrisinya benar-benar terpenuhi. Bagi Anda yang hendak membeli susu formula untuk bayi Anda secara daring, bisa coba mengunjungi Orami.co.id. Ini adalah toko online yang menjual semua kebutuhan bayi termasuk susu bayi yang paling lengkap dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *