deterjen bayi

Alasan Mengapa Deterjen Bayi Lebih Baik Untuk Mencuci Pakaian Bayi

Akibagai – Mencuci pakaian bayi memang tidak boleh sembarangan hal ini dikarenakan kulit bayi yang masih sensitif dan rentan iritasi apalagi sistem kekebalan tubuhnya yang masih belum berkembang sempurna sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakan deterjen bayi yang sudah terbukti aman bagi kulit bayi. Kulit bayi dapat memberikan reaksi yang negatif terhadap berbagai bahan kimia yang terdapat di dalam deterjen karena residu yang tertinggal pada pakaian bayi.

deterjen bayi

Mengapa Harus Menggunakan Deterjen Bayi?

Memiliki bayi yang baru lahir tentu menjadi kebahagiaan setiap orang tua. Anda juga harus menyiapkan segala kebutuhan perlengkapan bayi mulai dari asupan makanan yang bergizi, jenis pakaian yang nyaman, perlengkapan mandi khusus bayi hingga deterjen khusus bayi.

Namun untuk mencuci pakaian bayi ada baiknya menggunakan deterjen khusus bayi mengingat kulit bayi yang masih sangat sensitif agar tidak menimbulkan alergi. Tentu saja mencuci pakaian bayi juga tidak boleh sembarangan agar si kecil tetap bisa memakainya dengan nyaman dan aman bagi kulit.

Penggunaan deterjen biasa memang lebih hemat daripada deterjen khusus bayi, namun sebaiknya minimalkan pemakaian deterjen biasa tersebut jika terjadi dampak buruk terhadap kulit si kecil. Anda dapat menggunakan deterjen khusus bayi untuk melindungi kulit sensitif bayi.

Apakah anda pernah mendengar tentang kulit bayi yang ruam akibat detergen? Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif dan metabolisme yang aktif. Oleh karena itu, penggunaan detergen biasa pada pakaian bayi dapat memicu timbulnya ruam.

Parfum atau pelembut yang menempel pada baju setelah proses pencucian dapat memperburuk kondisi kulit bayi akibat rangsangan yang ditimbulkan sehingga dapat menstimulus terjadinya eczema. Meskipun jika ruam yang muncul pada kulit bayi pada awalnya bukan disebabkan oleh detergen, akan lebih baik jika anda menghindari efek rangsangan karena penggunaan detergen yang tidak sesuai.

Begitu kulit bayi mengalami iritasi, penyembuhannya akan lebih sulit, terutama karena bayi tidak dapat mengonsumsi obat-obatan biasa mengingat usianya yang masih kecil. Oleh karena itu, akan lebih baik jika anda mencegah terjadinya iritasi pada kulit bayi dengan memilih sabun deterjen bayi yang tidak mengakibatkan rangsangan yang kuat.

Kandungan Pada Deterjen Bayi

Bahan baku detergen sintetis adalah surfaktan (yang bekerja untuk mencampur air dan minyak) yang dibuat melalui sintesis kimia minyak bumi dan sejenisnya. Selain itu, berbagai jenis bahan aditif juga ikut ditambahkan, misalnya pemutih (berperan untuk mencerahkan pakaian putih), edetic acid (untuk mencegah kerusakan dan sedimentasi produk), pewangi, pewarna, dan sebagainya.

Sebagian besar detergen untuk pakaian bayi tidak menambahkan bahan pencerah, pemutih, atau pewarna sehingga lebih aman untuk bayi. Namun, ada juga di antaranya yang menggunakan surfaktan sintetis.

Akan tetapi, sebenarnya detergen sintetis juga memiliki manfaat. Jadi, tidak bisa juga ditentukan produk mana yang lebih baik atau lebih buruk tanpa kualifikasi tertentu. Namun, jika anda ingin memilih yang lebih aman, sebaiknya pilihlah detergen yang kandungan utamanya adalah sabun dan memang dikhususkan untuk bayi sehingga tidak memiliki kandungan yang berbahaya.

Saat ini sudah banyak merk yang mengeluarkan produk deterjen bayi dengan harga yang berbeda-beda. Untuk memudahkan anda menentukan pilihan tanpa harus lelah berdiri, anda bisa langsung mengunjungi Blibli.com. Tersedia banyak pilihan merk deterjen bayi dengan harga terjangkau. Anda tidak perlu lagi mengantri saat belanja karena pesanan anda akan diantarkan langsung ke rumah anda dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *