beli obat online

Apa Sih Yang Perlu Diperhatikan Saat beli Obat Online?

Akibagai – Fenomena apotek online kini sudah banyak berkembang di Indonesia. Kehadiran apotek online tersebut memang sangat membantu dan memudahkan aktivitas sehari-hari. Anda tidak perlu bingung dan lelah mencari obat karena dengan gadget di genggaman, Anda sudah dapat memesan obat yang dibutuhkan. Kemajuan teknologi sudah sangat membantu bidang kesehatan baik dari segi pelayanan konsultasi hingga pembelian obat atau suplemen dengan atau tanpa resep.

Mengkonsumsi obat bukanlah kegiatan semata-mata membuka bungkus, meminum obatnya, dan selesai. Sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu dicermati untuk memastikan obat yang akan diminum tersebut aman atau tidak. Agar terhindar dari pemakaian obat palsu, berikut beberapa informasi yang perlu Anda ketahui dari obat-obatan ataupun suplemen.

beli obat online

1. Nama obat dan zat aktif.

Pastikan Anda melakukan pengecekan nama obat atau informasi pada kemasan obat yang telah dipesan. Obat mengandung zat aktif yang memiliki efek menyembuhkan dan juga efek samping yang tidak diharapkan. Untuk itu, penggunaan obat-obatan harus di bawah pengawasan tenaga kesehatan berwenang agar tidak terjadi hal-hal buruk yang dapat mengganggu kesehatan Anda.

2. Nomor Izin Edar (NIE) atau Nomor Registrasi.

Obat yang sudah terdaftar di Badan POM sudah pasti memiliki Nomor Registrasi, dijamin aman, berkhasiat, dan bermutu. NIE sendiri dibagi menjadi beberapa digit.

  • Digit 1 adalah nama dagang (D) dan Generik (G)
  • Digit 3 adalah penentu lokasi obat, L untuk lokal, I untuk Impor
  • Digit 6-15 adalah nomor identitas produk dan produsen
  • Digit 4&5 adalah tahun registrasi obat
  • Digit 2 adalah golongan obat seperti obat bebas (B), obat bebas terbatas (T), obat keras (K), psikotropika (P)m, dan narkotika (N).

3. Logo obat.

Terdapat 3 macam golongan obat yang perlu Anda ketahui.

  • Lingkaran hijau untuk obat bebas
  • Lingkaran biru untuk obat bebas terbatas
  • Lingkaran merah bertanda huruf K untuk obat keras

4. Batas kadaluwarsa.

Tanggal kadaluwarsa sangatlah penting untuk diketahui. Jika Anda mengonsumsi obat yang telah melewati batas waktu aktif, akan terjadi efek samping atau bahkan dapat membahayakan kondisi tubuh.

5. Kemasan obat.

Pastikan obat yang Anda terima dalam kondisi baik, di segel tidak rusak, warna dan tulisan di kemasan tidak luntur.

6. Peringatan, Perhatian, dan Efek Samping.

Perhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan obat tersebut. Selain itu, perhatikan juga efek samping yang tidak diinginkan dan mungkin terjadi setelah minum obat.

Nah, jika sudah mengetahui hal ini, semakin yakin bukan untuk membeli obat di aplikasi atau website apotek online. Jika sudah, pastikan untuk memilih layanan apotek online yang terpercaya seperti HonestDocs. Selain layanan apotek online, HonestDocs juga memberikan layanan pengobatan dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *