asam folat untuk ibu hamil

Asam Folat Untuk Perkembangan Otak Janin dalam Kandungan

Akibagai – Kecerdasan pada anak tidak hanya berasal dari genetika dan lingkungan saja tapi bisa diperoleh dari asupan gizi baik yang dikonsumsi ibu selama masa kehamilan. Nutrisi seimbang yang dikonsumsi ibu berperan dalam perkembangan otak. Salah satu yang penting untuk dikonsumsi adalah asam folat. Pentingnya asam folat untuk ibu hamil dan mau hamil karena asam folat mampu mencegah bayi lahir cacat otak dan tulang belakang.

Masa yang krusial dalam pembetukan otak pada janin adalah mulai hari ke 8 sampai akhir kehamilan di minggu ke 7, dan terus berkembang hingga lahir. Di minggu ke 10 kehamilan sel saraf otak mulai tumbuh dengan cepat per menitnya. Periode emas untuk perkembangan otak anak adalah di 270 hari dalam kandungan dan 730 hari setelah lahir. Kurangnya nutrisi dalam periode penting ini akan berdampak pada kecerdasan, pertumbuhan fisik dan motorik anak.

asam folat untuk ibu hamil

Pentingnya Asam Folat Untuk Kecerdasan Otak

Asam folat termasuk jenis vitamin B yang berperan dalam proses sintetis DNA dan membentuk sistem saraf pada otak anak. Sehingga mengonsumsi asam Folat dapat mengurasi resiko kelainan bawaan pada otak anak. Anda yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat mulai trimester pertama. Kekurangan asam folat menyebabkan tabung saraf tidak dapat menutup dengan sempurna dan menghambat pertumbuhan sistem saraf otak dan sumsum tulang belakang. Bayi dengan kelainan bawaan pada otak atau disebut anensefali akan sulit untuk bertahan hidup lama. Oleh karenanya hal itu harus dicegah sedini mungkin. Anda dapat mencegah resiko kelainan tersebut dengan mulai mengonsumsi asam folat baik sebelum hamil maupun saat sedang hamil. Karena penelitian menunjukan konsumsi asam folat dapat mengurangi resiko terjadinya kelainan janin hingga 70 persen.

Anda yang ingin atau sedang hamil wajib tahu makanan apa saja yang memiliki banyak kandungan asam folat. FDA (Food and Drug Administration) menganjurkan untuk memenuhi kebutuhan asam folat dengan mengonsumsi makanan sehari-hari yan masyarakat. Asam folat dapat didapat dari makanan yang mudah kita temui disekitar kita antara lain :

  • Sayur-sayuran hiijau seperti asparagus, bayam, brokoli, selada, kubis, sawi dan lobak hijau.
  • Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, kedelai, kacang merah, dan kacang hijau.
  • Buah-buahan seperti jeruk, alpukat, buah bit, pisang, pepaya.
  • Biji-bijian seperti gandum, jagung, dan sereal.

Selain asam folat anda juga harus memperhatikan nutrisi lain yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan antara lain kolin, zat besi dan asam lemak essensial seperti DHA dan kecerdasan yang berasal dari jenis ikan seperti salmon, Tuna, dan lemak ikan untuk menunjang kecerdasan dan perkembangan otak janin dalam kandungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *