asuransi bisnis perusahaan

Asuransi Bisnis Yang Penting Dimiliki Perusahaan

Akibagai – Menjalankan bisnis memang tidak bisa lepas dari risiko yang bisa kapan saja terjadi. Hal inilah yang harus dipahami para pengusaha. Sehingga penting untuk memiliki asuransi bisnis sebagai salah satu cara dalam meminimalkan risiko kerugian finansial.

Perlu dipahami bahwa sebuah bisnis harus terproteksi dengan jenis asuransi sesuai risiko bisnis untuk melindungi dari dampak kerugian finansial akibat risiko yang bisa tiba-tiba datang kapan saja. Berikut jenis asuransi yang penting dimiliki ketika menjalankan bisnis:

asuransi bisnis perusahaan

1. Asuransi properti

Asuransi properti dalam dunia bisnis memiliki cakupan seperti gudang, pabrik, toko, mall, dan kantor. Jaminan yang ditawarkan berupa Property All Risk untuk properti non-industri (sekolah, rumah sakit, dan kantor). Sedangkan Industrial All Risk adalah jaminan asuransi untuk mall, pabrik, dan gudang. Perlindungan asuransi bisnis meliputi kerusuhan/huru-hara/pemogokan/perbuatan jahat, banjir/kerusakan akibat air/angin topan/badai, gempa bumi,/letusan gunung api/tsunami, tanah longsor/pergerakan tanah.

Bisnis Berbasis Rumah

Kebijakan pemilik hunian tidak mencakup bisnis berbasis rumah seperti asuransi properti komersial. Jika menjalankan bisnis berbasis hunian, maka yang perlu diketahui adalah pertanggungan tambahan untuk peralatan operasional dan inventaris.

2. Asuransi Tanggung Jawab Produk

Jika bisnis sebuah perusahaan memproduksi produk untuk dijual, asuransi kewajiban produk sangat penting. Setiap bisnis dapat terjadi kerusakan yang disebabkan oleh produknya. Asuransi pertanggungjawaban produk melindungi bisnis dalam kasus semacam itu.

3. Asuransi kendaraan

Jika kendaraan yang digunakan oleh perusahaan adalah dengan menyewa dari pihak ketiga, maka pastikan kendaraan yang disewa sudah dilindungi asuransi. Dan jika  kendaraan yang digunakan adalah milik perusahaan, maka sudah wajib harus diasuransikan sepenuhnya.

Terdapat dua jenis pertanggungan asuransi kendaraan bermotor yaitu Comprehensive (All Risk) dan Total Loss Only (TLO). Comprehensive (All Risk) untuk menjamin risiko kerugian secara keseluruhan baik kerugian kecil maupun besar termasuk kehilangan. Sedangkan TLO hanya memberikan jaminan penggantian apabila kendaraan mengalami kerusakan yang nilainya mencapai ‚Č• 75% dari nilai kendaraan dan kerugian akibat kehilangan kendaraan.

Selain menjamin risiko utama, asuransi kendaraan bermotor juga dapat diperluas dengan jaminan tambahan, berupa kerugian akibat kerusuhan dan huru-hara, kegiatan terorisme dan banjir, kecelakaan diri pengemudi dan penumpang, tanggung jawab hukum (TJH) terhadap kerugian pihak ketiga.

4. Asuransi Gangguan Bisnis

Jenis asuransi ini berlaku untuk perusahaan yang memerlukan lokasi fisik untuk melakukan bisnis, seperti toko ritel. Asuransi gangguan bisnis memberikan kompensasi kepada bisnis atas pendapatannya yang hilang selama peristiwa yang menyebabkan gangguan pada jalannya bisnis yang normal.

5. Risiko Cyber

Di era teknologi seperti saat ini, pemanfaatan teknologi sudah pasti dilakukan perusahaan untuk mendorong jalannya berbagai lini bisnis. Kondisi inilah yang menjadikan asuransi cyber sangat diperlukan untuk meminimalisir dan mengatasi berbagai kejahatan berkaitan dengan risiko cyber seperti pencurian data, pengacakan data hingga peretasan keamanan jaringan seperti hacking yang bisa menghambat jalannya bisnis perusahaan dan menimbulkan kerugian finansial.

Pastikan perusahaan memiliki asuransi bisnis sesuai dengan risiko bisnis dan kebutuhan perusahaan sehingga dapat membantu mengendalikan risiko manajemen keuangan perusahaan dengan maksimal. Selain itu, pastikan premi yang akan dibayarkan sesuai dengan kemampuan perusahaan. Jika kondisi finansial belum bisa membeli produk asuransi dengan cakupan yang lengkap, carilah produk asuransi yang bisa melindungi aset-aset paling penting.

Kemudian pastikan premi dan perlindungan bisa disesuaikan dan fleksibel untuk upgrade ke jangkauan yang lebih luas.

Menggunakan bantuan jasa broker asuransi dan konsultan manajemen risiko seperti Marsh Indonesia dapat dilakukan. Marsh merupakan perusahaan broker asuransi dan konsultan risiko bisnis terkemuka dan memiliki tim yang sudah sangat berpengalaman dalam membantu ribuan perusahaan di Indonesia untuk mengidentifikasi risiko berdasarkan analisa data, membuat strategi dan pilihan produk asuransi yang tepat sesuai risiko bisnis. Selain hemat waktu dan biaya, kualitas layanan dan kebutuhan asuransi bisnis yang disesuaikan kebutuhan perusahaan menjadi beberapa alasan bagi ribuan perusahaan di Indonesia yang menjadi klien Marsh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *