niat sholat istikharah

Berikut Ini Tata Cara Sholat Istikharah

Akibagai – Sepanjang perjalan kehidupan pastinya anda pernah dihadapkan dengan beberapa pilihan. Beberapa pilihan tersebut bisa yang berkaitan dengan hidup, pekerjaan, cita-cita, jodoh, dan berbagai pilihan hidup yang lainnya. 

Oleh karena itu, dalam ajaran Islam diajarkan bahwa kita harus senantiasa mengembalikan segala urusan kepada Allah Subhana wa Ta’ala. Karena bagaimanapun kehendak Allah merupakan pilihan yang terbaik bagi kita. Salah satu bentuk ibadah yang bisa dilakukan untuk memilih suatu pilihan adalah sholat istikharah. 

Dalam hal ini, Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wassallam mengajarkan kepada para sahabatnya untuk sholat istikharah.

Artinya : Dari Jabir bin Abdullah RA, berkata,”Rasulullah mengajarkan kepada kami cara mengerjakan shlat istikharah dalam segala urusan, sebagaimana Rasulullah mengajarkan kami surat Al Quran.”

niat sholat istikharah

Bacaan Niat Shalat Istikharah

Sama seperti sholat yang lainnya, sholat istikharah juga harus diawali dengan niat. Berikut bacaan niat sholat istikharah :

Usholli Sunnatal Istikhooroti Rok’ataini Lillahu Ta’aalaa.

Artinya : “Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rokaat karena Allah Ta’ala.”

Tata Cara Sholat Istikharah

Tata cara dan syarat melakukan sholat istikharah sama dengan melakukan sholat pada umumnya. Adapun syarat sholat istikharah diantaranya suci dari hadats kecil maupun besar, menutup aurat, suci badan, pakaian dan tempat sholat bebas dari najis dan menghadap kiblat. Sedangkan tata cara sholat istikharah adalah sebagai berikut ini :

Rukun Rakaat Pertama

  1. Niat Sholat Istikharah
  2. Takbiratul Ihram
  3. Doa Iftitah
  4. Membaca surat Al Fatihah
  5. Membaca surat dari Al Quran (diutamakan membaca surat Al Kafirun)
  6. Ruku dengan tuma’ninah
  7. Itidal
  8. Sujud pertama
  9. Duduk diantara dua sujud
  10. Melakukan sujud kedua
  11. Berdiri lagi untuk melakukan rakaat kedua

Rukun Rakaat Pertama

  1. Membaca surat Al Fatihah
  2. Membaca surat dari Al Quran (diutamakan membaca surat Al Ihklas)
  3. Ruku dengan tuma’ninah
  4. Itidal
  5. Melakukan sujud pertama
  6. Duduk diantara dua sujud
  7. Melakukan sujud kedua
  8. Duduk tahiyat akhir
  9. Mengucapkan salam

Waktu Sholat Istikharah

Menurut Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menjelaskan, bahwa sholat istikharah ini boleh berupa sholat sunnah apa saja. Baik itu sholat sunnah tahiyatul masjid, sholat sunnah rawatib, maupun sholat sunnah yang lainnya. Yang terpenting adalah sesudah melaksanakan sholat sunnah sebanyak dua rokaat, anda berdoa kepada Allah Ta’ala memohon dipilihkan yang terbaik sebagai doa yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wassallam.

Doa Sholat Istikharah

Adapun doa sesudah sholat istikharah sebagai berikut

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepada-Mu dengan ilmu pengetahuan-Mu dan aku mohon kekuasaan-Mu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaan-Mu. Aku mohon kepada-Mu sesuatu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahu bahwa urusan ini (orang yang memiliki hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untukku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persolan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persolan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untukku dimana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaan-Mu kepadaku.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *