kalkulator kehamilan

Calon Ibu Kekinian Wajib Gunakan Kalkulator Kehamilan

Akibagai РJaman yang semakin canggih membuat segala sesuatu serba mudah dengan adanya teknologi. Seperti saat ini salah satu teknologi yang bisa di gunakan untuk ibu hamil yaitu Kalkulator Kehamilan. Kira-kira apa sih kalkulator kehamilan itu? Bagi kamu yang belum tau kalkulator kehamilan itu adalah salah satu cara yang bisa di gunakan untuk memahami informasi tentang kehamilan yang sedang dijalani seperti  tentang umur kandungan sampai berat badan normal ketika masa kehamilan. Kalkulator kandunga membantu kamu untuk memahami usia kandungan dengan akurat, sehingga sangat membantu kamu memahami perkembangan bayi dalam kandungan dengan lebih baik. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan jika kamu menggunakan dan faham tentang kalkulator kandungan ini, kira-kira apa saja sih manfaat kalkulator kandungan yuk langsung saja kita bahas di bawah ini:

kalkulator kehamilan

1. Menghitung Usia Kehamilan

Seperti yang kita tahu pada umumnya lama kehamilan setiap ibu yang mengandung yaitu sekitar 38 minggu dihitung dari masa pembuahan. Tapi ternyata tidak semua ibu menyadari proses pembuahan yang terjadi dalam tubuhnya, sehingga masa pembuahan ini bisa dihitung dari hari pertama datang bulan terakhir. Tapi jika kamu menggunakan Kalkulator kehamilan, alat ini bisa digunakan untuk menentukan berapa usia kandungan kamu.

2. Menghitung Hari Perkiraan Lahir

Manfaat dari kalkulator kehamilan ini tidak hanya untuk mengetahui usia maupun kesehatan ibu dan bayi saja, tapi penggunaan kalkulator kehamilan ini bisa digunakan untuk mengetahui kapan bayi akan dilahirkan. Jika ibu mengetahui kapan bayi akan di lahirkan kama ibu bisa mempersiapkan persalinan bayinya dengan baik. Selain dengan menggunakan kalkulator kehamilan, Hari Perkiraan Lahir juga bisa ditentukan dengan menggunakan rumus Neagele.

3. Memperkirakan Kenaikan Berat Badan yang Normal

Manfaat Kalkulator kehamilan selanjutnya yaitu bisa membantu ibu hamil untuk memperkirakan berapa kenaikan berat badan normal untuk ibu pada masa kehamilan berlangsung. Kebanyakan ibu hamil biasanya akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 1 Kg sampai 2 Kg pada tiga bulan pertama saat kehamilan terjadi. setel itu  ibu hamil akan mengalami kenaikan sebanyak 0,5 Kg setiap minggunya hingga bayi lahir. Memantau kenaikan berat badan normal saat sedang hamil sangat penting, karena berguna untuk menghindari ibu hamil mengalami kelebihan berat badan. Karena jika ibu hamil melahirkan dengan kondisi berat badan yang berlebihan akan membuat ibu berisiko mengalami tekanan darah tinggi atau diabetes, sebaiknya hal tersebut harus dihindari.

4. Mengetahui Berat Badan Bayi sesuai Usia Kandungan

Kalkulator kehamilan juga bisa membantu Ibu untuk mengetahui berat badan bayi yang sesuai dengan usia kandungan. Hal tersebut perlu di lakukan supaya proses kehamilan dan persalinan nantinya akan lancar sehingga ibu dan bayi tetap sehat. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi dan memiliki gizi baik pasti sangat disarankan untuk ibu hamil guna mencukupi kebutuhan asupan pada bayi. Nah dengan menggunakan Kalkulator kehamilan kamu bisa mengukur asupan dan nutrisi apa yang dibutuhkan untuk perkembangan janin karena kamu sudah mengetahui berat badan bayi.

5. Mengetahui Kapan Akhir Trimester dan Awal Trimester

Kalkulator kehamilan bisa membantu kamu untuk mengetahui kapan akhir trimester dan awal trimester. Untuk beberapa orang yang sedang hamil, kehamilannya tersebut akan membawa perubahan yang cukup besar bagi suasana hati maupun perubahan fisik yang terjadi, dan perlu kamu ketahui juga bahwa tiap trimester akan berbeda gejala yang dirasakan ibu hamil dan hal tersebut juga dapat berbeda untuk setiap orangnya. Tapi jika kamu mengetahui kapan awal dan akhir trimester kamu, tentunya kamu bisa mempersiapkan perubahan-perubahan yang selanjutnya terjadi pada masa kehamilan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *