Ranitidine untuk Maag

Dosis Ranitidine untuk Maag dan Asam Lambung

Akibagai – Ranitidine merupakan obat yang digunakan untuk menurunkan asam lambung. Ranitidine untuk maag atau penyakit lain yang terkait dengan asam lambung dapat digunakan dengan resep dokter maupun tanpa resep dokter. Obat ini bekerja dengan mengurangi jumlah asam lambung dan meredakan nyeri perut, sensasi terbakar pada lambung dan sulit menelan.

Ranitidine untuk Maag

Bagaimana cara menggunakan ranitidine untuk maag?

Ranitidine untuk maag tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet, pil, dan sirup. Anda bisa mengkonsumsi ranitidine untuk maag sebelum atau sesudah makan. Biasanya dosis untuk penggunaan ranitidine adalah satu atau dua kali sehari. Bahkan, terkadang ranitidine diresepkan untuk dikonsumsi sebanyak empat kali dalam sehari pada kondisi-kondisi tertentu. Jika Anda mengkonsumsi ranitidine satu kali dalam sehari, Anda bisa mengambilnya setelah makan malam atau sebelum tidur.

Aturan pemakaian obat

Selalu ikuti anjuran dari dokter atau baca petunjuk label pada kemasan ranitidine sebelum digunakan atau dikonsumsi. Perhatikan juga hal-hal berikut:

  1. Minum obat ini dengan benar atau tanpa makanan
  2. Jika obat berbentuk sirup, ukur dosis dengan benar menggunakan sendok khusus yang ada dalam kemasan, bukan dengan sendok makan
  3. Dosis didasarkan pada usia, berat badan, kondisi medis, dan respons.

Dosis dan lamanya pengobatan tergantung dari kondisi Anda dan bagaimana tubuh Anda merespon obat tersebut. Selain itu, juga tergantung dari usia Anda. Dosis untuk anak kecil juga biasanya tergantung pada berat badan yang dimilikinya.

Gunakan ranitidine secara teratur, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari obat ini. Usahakan untuk selalu mengambil ranitidine dalam waktu yang sama setiap hari. Ini untuk menghindari Anda lupa mengkonsumsi obat ini. Jika Anda lupa minum obat ini, sebaiknya lewati saja dan teruskan minum obat seperti biasa pada jadwal selanjutnya. Jangan meningkatkan dosis atau mengambil lebih sering dari yang seharusnya.

Jangan mengkonsumsi ranitidine untuk maag lebih dari 2 tablet atau 300 mg dalam waktu 24 jam, kecuali jika disarankan oleh dokter. Untuk mendapatkan obat ini, Anda bisa memesannya juga melalui layanan apotek online seperti HonestDocs yang terpercaya dengan harga terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *