cara lapor pajak

Panduan Lengkap Lapor Pajak Secara Offline

Akibagai – Cara lapor pajak sekarang lebih mudah, dimana Anda dapat melakukannya secara offline hingga online. Hal ini disebabkan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat semua hal bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga, dalam mengisi serta lapor Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan Pajak Penghasilan Tahunan (PPT) menjadi lebih mudah menggunakan sistem elektronik.

Terdapat beberapa cara untuk menyampaikan SPT tahunan wajib pajak pribadi yaitu secara manual, e-filing dan e-form. Bagi Anda yang ingin melaporkan pajak secara manual, namun belum mengetahui caranya. Sebaiknya langsung saja simak ulasan berikut mengenai panduan lengkap lapor pajak secara offline yang mudah dan simple.

cara lapor pajak

Alur Pelaporan Pajak Secara Offline

Penyampai atau pelaporan SPT tahunan dapat Anda lakukan secara offline atau langsung di Tempat Pelayanan Terpadu (TPT). Diantaranya TPT KPP tempat WP terdaftar dan TPT Kantor Pelayanan selain tempat WP terdaftar. Selain itu Anda juga bisa menggunakan layanan di luar kantor yang telah disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak. Seperti di antaranya pojok pajak, mobil pajak atau tempat khusus penerimaan SPT tahunan. Jika Anda masih bingung dengan alur pelaporan pajak secara offline, berikut beberapa panduan lengkapnya.

Mendatangi Kantor KPP

Untuk alur pertama, wajib pajak harus secara langsung mendatangi KPP terdekat dan mengambil nomor antrean. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu jika Anda sudah memiliki bukti potong dari perusahaan dan sudah mengetahui nomor e-FIN. Apabila e-FIN hilang atau belum memiliki e-FIN, maka Anda bisa langsung mengurusnya di KPP.

Registrasi Akun e-Feling

Alur kedua, tunggu nomor antrean dipanggil lalu menuju loket atau meja yang telah disebutkan. Di sini Anda bisa melaporkan SPT dan menunjukkan bukti potong pajak kepada petugas, lalu login dan registrasi e-filing. Apabila belum memiliki akun e-filing petugas yang berjaga akan membantu Anda membuat akun tersebut.

Menjawab Pertanyaan

Selanjutnya merupakan alur ketiga lapor pajak secara offline yaitu petugas pajak mulai memasukkan data pajak Anda sesuai yang tertera pada bukti potong. Kemudian Anda akan diberikan beberapa pertanyaan, salah satu pertanyaannya adalah apakah Anda memiliki penghasilan lain atau tidak.

Cek Email

Alur lapor pajak secara offline yang terakhir setelah semua proses selesai yaitu petugas akan meminta Anda untuk mengecek email. Dimana email tersebut berisi tentang pemberitahuan bahwa Anda telah selesai melaporkan SPT Tahunan. Jadi proses pelaporan pajak secara offline atau manual telah selesai, selanjutnya Anda bisa meninggalkan KPP.

Itulah panduan lengkap mengenai pelaporan pajak secara offline dengan cara yang mudah dan simple. Sebagai warga negara yang baik Anda diwajibkan taat membayar dan melaporkan pajak. Apalagi saat ini Anda bisa mencatat berbagai transaksi keuangan perusahaan, bahkan memantau pencatatan keuangan menggunakan aplikasi digital BukuKas. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur pencatatan hutang piutang perusahaan yang pastinya akan sangat berguna bagi Anda untuk mencatat hutang. Untuk itu tunggu apalagi segera unduh aplikasinya di App Store dan Play Store sekarang juga!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *