menghilangkan karang gigi

Tips dan Cara Ampuh Menghilangkan Karang Gigi 

Akibagai – Plak gigi menjadi salah satu masalah gigi yang paling sering dialami oleh banyak orang. Plak gigi sendiri merupakan suatu lapisan yang menempel pada permukaan gigi ataupun di sela-sela gigi dan gusi. Apabila plak gigi dibiarkan maka akan menimbulkan karang gigi. Untuk menghilangkan karang gigi sebenarnya tidak bisa dibilang mudah sehingga ketika terbentuk plak gigi harus segera dibersihkan.

Apabila sudah timbul karang gigi dan masih tetap dibiarkan tanpa dibersihkan, maka dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan gigi, gusi, dan juga mulut. Plak gigi dan karang gigi juga dapat merusak enamel gigi sehingga dapat memberikan dampak negatif pada orang-orang yang telah mengalami kerusakan gigi.

Plak gigi biasanya muncul sekitar 4 hingga 12 jam setelah terakhir menggosok gigi tergantung pH mulut seseorang dan jika dibiarkan maka akan semakin menebal dan akhirnya menimbulkan karang gigi dan menyebabkan gigi berlubang, tartar, periodontitis, dan gingivitis.

menghilangkan karang gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Sebelum karang gigi menjadi semakin parah dan menumpuk yang akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, anda tidak boleh sampai mengabaikan kondisi gigi apabila sudah muncul plak gigi. Karena apabila sudah muncul karang gigi maka akan sangat sulit dihilangkan dan harus meminta bantuan dokter gigi karena sulit dihilangkan dengan menyikat gigi seperti biasa. Namun anda bisa menghilangkan plak gigi agar tidak menjadi karang gigi.

1. Menyikat Gigi

Menyikat gigi memang terdengar sepele sehingga banyak yang mengabaikannya dan malas menyikat gigi. Padahal menyikat gigi secara rutin setidaknya 2 kali sehari dapat membersihkan gigi degnan sempurna dari sisa-sisa kotoran dan juga plak gigi sehingga tidak menimbulkan karang gigi. Selain menyikat gigi 2 kali sehari, pastikan untuk menyikat gigi dengan metode yang benar dan minimal 2 menit. Masing-masing 30 detik pada setiap sisi.

Karang gigi sering muncul pada sela-sela gigi yang sulit dijangkau sehingga sebaiknya anda memilih sikat gigi dengan ujung lancip dan berbulu lembut sehingga mudah menjangkau hingga ke sela-sela atau celah gusi yang lebih rapat misalnya seperti sikat gigi Pepsodent Vertical Expert. Sikat ini didesain dengan baik agar bisa membersihkan sela-sela gigi dan gusi sehingga dapat mengurangi plak gigi dan mencegah timbulnya karang gigi.

2. Menggunakan Dental Floss atau Benang Gigi

Benang gigi atau Dental Floss dapat membantu membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. Dengan menggunakan benang gigi juga sudah terbukti mampu membersihkan gigi dan menghilangkan plak gigi. Menggunakan sikat gigi biasanya hanya membersihkan sebagian plak saja sehingga memerlukan bantuan benang gigi lagi karena dapat dibentuk sesuai dengan bentuk dan celah-celah gigi agar bisa membersihkan secara sempurna dan mencegah karang gigi.

3. Pembersihan di Dokter Gigi

Apabila plak gigi sudah banyak menumpuk dan mengakibatkan karang gigi, ada baiknya untuk segera ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan memberishkan gigi dari karang gigi dan plak gigi. Di dokter gigi terdapat berbagai peralatan dan perlengkapan untuk membersihkan plak gigi dan karang gigi sehingga bisa membersihkan lebih baik. Dokter gigi juga dapat melihat kondisi gigi anda dan memberikan saran dan  penanganan yang tepat.

Menghilangkan karang gigi memang tidak semudah menghilangkan plak gigi sehingga ada baiknya untuk mencegah sebelum timbul karang gigi. Bisa dimulai dari rutin menyikat gigi, menghindari makanan dan minuman manis, mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayur-sayuran, dan rutin ke dokter gigi untuk memeriksa kondisi gigi , gusi, dan mulut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *